Setiap orang yang hendak berperkara di Pengadilan Agama Tahuna namun tidak mampu membayar biaya perkara dapat mengajukan permohonan berperkara secara cuma-cuma (prodeo/gratis).

  1. Kategori orang yang tidak mampu dapat dibuktikan dengan: (a). Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa /Lurah/Kepala Wilayah Setempat yang menyatakan bahwa benar yang bersangkutan tidak mampu membayar biaya perkara. (2). Surat Keterangan Tunjangan sosial lainnya seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Karyu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Beras Miskin (Raskin), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk misikin dalam basis data terpadu pemeirntah atau yang dikeluarkan olkeh instansi lain yang berwenang untuk memberikan keterangan tidak mampu.
  1. Pihak yang tidak mampu tersebut, mengajukan permohonan pembebebasan biaya perkara kepada Ketua Pengadilan Agama Tahuna (contoh surat bisa di download disini) melalui kepaniteraan Pengadilan Agama Tahuna dengan melampirkan bukti tertulis berupa dokument sebagaimana yang telah diuraikan di atas.
  2. Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Tahuna memeriksa kelayakan pembebasan biaya perkara dan ketersediaan anggaran.
  3. Apabila anggaran masih tersedia dan yang bersangkutan dinilai layak menerima layanan pemebasan biaya perkara, maka Ketua Pengadilan Agama Tahuna akan mengeluarkan Surat Penetapan Layanan Pembebasan Biaya Perkara.
  4. Besarnya anggaran untuk beracara secara cuma-cuma disesuaikan dengan Keputuan Ketua Pengadilan Agama Tahuna.
  5. Setelah Ketua Pengadilan Agama Tahuna mengeluarkan Surat Penetapan Layanan Pembebasan Biaya Perkara, maka para pihak tersebut dapat beracara di Pengadilan Agama Tahuna secara cuma-Cuma.

 

Disarikan dari Perma No. 1 Tahun 2014

 

 

Statistik Pengunjung

4 8 8 8 3
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
6
142
48883
0
4028
6112
48883
IP Anda : 54.84.236.168
2018-12-14 00:40